Bertekad Tingkatkan Integritas, Polbangtan Manokwari Kunjungi Polbangtan YoMa

0
112

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) menerima kunjungan dari Polbangtan Manokwari pada Rabu (12/1) dalam rangka. Kunjungan diterima langsung oleh Epsi Euriga dan Novitha Tri R. Dewi selaku bagian Tim Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI).

Aswandi, selaku Ketua Tim SPI Polbangtan Manokwari menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka studi tiru pembagunan ZI Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Penegakan SPI di lingkungan instansinya.

“Polbangtan YoMa adalah salah satu unit kerja di bawah Badan Pengembangan SDM Pertanian yang kami nilai baik dalam menerapkan SPI dan upaya pembanguan ZI WBK, oleh karena itu kami jauh-jauh dari Manokwari untuk belajar,” ucap Aswandi.

Dalam kunjungan tersebut, Epsi menjelaskan mengenai langkah-langkah yang telah ditempuh Polbangtan YoMa untuk menerapkan SPI dan ZI di lingkungannya. Monitoring dan evaluasi kegiatan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan SPI dalam rangka memastikan setiap kegiatan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Salah satu langkah yang kami tempuh yaitu dengan melakukan penilaian resiko pada setiap kegiatan di Polbangtan YoMa dan merumuskan SOP kegiatan sebagai dasar memonitoring dan mengevaluasi kegiatan apakh sudah sesuai dengan prosedur atau belum,” terang Epsi.

Lebih lanjut Epsi menegaskan bahwa salah satu kunci suksesnya penegakan SPI adalah adanya komitmen dari pimpinan dan seluruh pegawai serta karyawan. Selain itu sosialisasi terus menerus juga harus dilakukan agar poin yang menjadi tujuan SPI dan Pembangunan ZI dapat terinternalisasi dengan baik dan menjadi budaya di lingkungan kerja.

Pada akhir kunjungan, Aswandi beserta tim berharap pihaknya dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dari kunjungan ini, “Menjadi PR bagi kami untuk dapat menyadarkan pentingnya SPI dan pembangunan ZI dilingkungan Polbangtan Manokwari, namun dari ilmu yang kami dapat hari ini, kami yakin dapat mengikuti jejak Polbangtan YoMa.”

TINGGALKAN PESAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda disini