Siapkan Generasi Muda Pertanian Andal, Mahasiswa Polbangtan Kementan Jalani Ujian Sertifikasi Kompetensi

0
57

Komitmen Kementerian Pertanian dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, produktif, dan berdaya saing melalui pendidikan vokasi tidak diragukan lagi. Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang menggelar kegiatan Sertifikasi Kompetensi (Serkom) Profesi Pengambilan Contoh Benih bagi Mahasiswa Program Studi Teknologi Benih Semester 6.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan peningkatan kompetensi Sumber Daya Mahasiswa (SDM) bidang pertanian harus dilakukan.

“Peningkatan SDM yang profesioanl bisa dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi maupun sertifikasi profesi, salah satunya untuk penyuluh,” kata SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengatakan Kementan khususnya BPPSDMP terus dukung proses sertifikasi.

“Sertifikasi kompetensi diberikan melalui proses uji komptensi yang sistematis dan objektif, yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, standar internasional, dan standar khusus,” ujar Dedi.

Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) Polbangtan YoMa, Annisa Khoiriyah dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan Sertifikasi Kompetensi ini merupkan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Polbangtan YoMa.

“Sertifikasi Kompetensi kali ini dilaksanakan bagi Mahasiswa Program Studi Teknologi Benih Semester 6 yang terdiri dari 68 Mahasiswa dan 10 Dosen Bidang Teknis dan Asisten Dosen,” papar Annisa saat menyampaikan Laporan Kegiatan.

Selama 3 hari berturut-turut, sambung Annisa, para peserta harus mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik “Hari pertama peserta mendapat pembekalan dan bimbingan teknis dari asesor, hari kedua peserta akan melakukan praktek lapangan di dua perusahaan benih yaitu CV. Multi Global Agrindo (MGA) dan PP. Kerja, selanjutnya pada hari terkahir peserta akan menjalani ujian tertulis.”

Kegiatan Sertifikasi Kompetensi ini dilakukan bekerjasama dengan Asosiasi Perbenihan Indonesia (ASBENINDO) dengan menghadirkan 2 Asesor yang telah teruji di bidangnya yaitu Achdijat Basari dan Bambang Budhianto. Kegiatan Sertifikiasi ini selain memmberikan tambahan wawasan kepada para mahasiswa juga merupakan upaya Polbangtan YoMa untuk menyediakan job seeker yang sesuai dengn kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kebutuhan tenaga profesional tersertifikasi untuk pengambil contoh benih saat ini sangat banyak dibutuhkan. Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dari sini akan muncul tenaga-tenaga muda yang ahli yang tentunya kan menjadi regenrasi kami,” ujar Achdiyat.

Setelah melalui rangkaian kegiatan dan ujian sertifikasi selama 3 hari ini, seluruh peserta dinyatakan berkompeten dan akan diberikan sertifikat sebagai tanda bahwa peserta benar-benar telah diuji kemampuannya.

TINGGALKAN PESAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda disini