Berkomitmen Mewujudkan Keterbukaan Informasi, Polbangtan YOMA Jurusan Pertanian Raih Predikat Informatif dalam Ajang Penganugerahan KIP 2022

0
95

 

Politeknik Pembangunan Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pertanian Tahun 2022. Polbangtan YOMA Jurusan Pertanian berhasil meraih peringkat 7 pada kategori Eselon 2.

Bambang Sudarmanto, Direktur Polbangtan YOMA didampingi Kepala Bagian Umum, Hari Sudharto yang hadir langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengaku bangga atas capaian tersebut. Pasalnya Polbangtan YOMA menjadi satu-satu nya Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang berhasil menghantarkan kedua satkernya meraih predikat Informatif.

“Terimakasih dan apresiasi kepada tim PPID dan Sivitas Akademika Polbangtan YOMA atas kinerja dan partisipasinya sehingga Satker Magelang mendapatkan Informatif peringkat 3 dan Satker Yogyakarta mendapatkan predikat Informatif peringkat 7 lingkup Eselon II Kementan. Terus kompak dan bersinergi, sehingga kedepan mendapatkan prestasi yang lebih baik dan lebih baik lagi,” ujar Bambang.

Perolehan predikat ini tentunya tidak diraih secara instan, namun merupakan hasil dari proses panjang yang telah dilalui. Sebagaimana yang diterangkan oleh Kuntoro Boga Andri, selaku Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian, bahwa untuk menetapkan predikat setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

“Untuk menentukan predikat keterbukaan informasi publik ini masing-masing UPT sebelumnya harus memenuhi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam form SAQ (Self Assesment Quetionare) kemudian kita nilai SAQ tersebut dan terpilih 31 unit kerja dengan predikat Informatif. Selanjutnya pada tahap 2 dilakukan visitasi atau verifikasi lapangan oleh Tim Komisi Informasi yang terdiri dari para ahli, praktisi, KIP Pusat, dan akademisi dan akhirnya kita peringkatkan sesuai dengan hasil Asessment,” terang Kuntoro.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Pertanian yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dengan baik.

Menurutnya, pengelolaan informasi publik yang baik juga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik, yang pada gilirannya memberikan kontribusi dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Pertanian dan dapat memberikan kemudahan akses setiap informasi program dan pelaksanaan pembangunan pertanian kepada publik.

“Saya mengapresiasi semangat Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dengan baik. Hal ini dilakukan dalam upaya kita mempertahankan serta meningkatkan kualitas Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik Informatif,” ucap Mentan Syahrul dalam sambutannya pada acara Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kementerian Pertanian 2022 di Bogor.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa Keterbukaan Informasi Publik adalah wajib untuk setiap instansi pemerintah terutama satker dibawah binaan BPPSDMP.

“Apalagi Keterbukaan Informasi Publik sepertinya sudah menjadi kebutuhan buat kita semua. Oleh karena itu, kita semua harus berkomitmen mendukung KIP di lingkungan BPPSDMP,” katanya.

Samrotunnajah Ismail, yang bertindak sebagai perwakilan Komisi Informasi Pusat turut mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian salam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.

“Kementerian Pertanian telah 3 kali berturut-turut, saya ulangi sekali lagi, 3 kali berturut-turut meraih Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik kategori Kementerian. Ini bukan suatu hal kebetulan, ini merupakan hasil dari proses panjang dan wujud komitmen yang bersungguh-sunggung dalam menyajikan keterbukaan informasi, transparansi kepada masyarakat. Namun perlu saya sampaikan penganugerahan ini bukan ajang kontestasi semata, tapi merupakan pemantik bagaimana setiap UPT agar dapat memaksimalkan pelayananannya kepada publik,” ujar Samrotunnajah.

TINGGALKAN PESAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda disini