Teken PKS dengan UNS, Polbangtan YOMA Siap Cetak Milenial Pertanian Berkualitas

0
56

Berkomitmen penuh terhadap target utama Kementerian Pertanian untuk mencetak Sumberdaya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dan Unggul, membuka awal Tahun 2023 ini Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) lakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta (SV UNS).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan pengembangan pendidikan vokasi penting dilakukan khususnya meningkatkan kualitas pembelajaran dari pelaku industry maupun praktisi industri ataupun dengan sesama penyelenggara pendidikan vokasi lainnya. Tujuannya adalah memperkaya kurikulum dan praktik pembelajaran kepada mahasiswa.

Menurutnya, pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial berkualitas, berdaya saing, dan berjiwa entrepeneur.
“Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri, praktisi, dan akademisi agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” tambahnya.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan, untuk mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.
“Maka melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator),” ujar Dedi.

Tujuan Utama Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Polbangtan YOMA dan Dekan Vokasi UNS yaitu untuk meningkatkan praktik penyelenggaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa kedua belah pihak.

Dalam upaya mendukung MBKM tersebut, isi dari PKS antara Polbangtan YOMA dan SV UNS, khususnya Program Studi D3 Agribisnis ini mencakup penyelenggaraan kegiatan pendidikan, penelitian pengabdian masyarakat, hingga pengembangan inkubator bisnis.

“cakupan PKS ini mulai dari review dan pengembangan kurikulum, kegiatan MBKM, sinergisme dengan DUDIKA, pengembangan
PWMP, hingga kerjasama pengembagan Jurnal Penelitian,” rinci Bambang Sudarmanto, Direktur Polbangtan YOMA.

Lebih lanjut Bambang berharap kerjasama yang sudah terjalin ini harus benar-benar direalisasikan di lapangan. “PKS ini harus benar-benar kita real-kan, jangan hanya berhenti di atas kertasa saja,” imbuhnya.

Penandatanganan PKS yang dilaksanakan di rektorat UNS tersebut juga disaksikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnism dan Informasi UNS dan Kepala Program Studi Agribisnis SV UNS, serta segenap Mahasiswa SV UNS. Kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum bertajuk “Pengembangan SDM Wirausaha Pertanian melalui Inovasi Teknologi Pertanian” yang diisi oleh Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polbangtan YOMA.

TINGGALKAN PESAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda disini