Gas Poll, Awali Tahun 2023 Polbangtan Kementan Pacu Kinerja Pegawai

0
135

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) laksanakan Pembinaan Pegawai dan Sosialisasi Surat Keputusan (SK) Personalia Tahun 2023. Acara tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mencapai target kerja tahunan.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa SDM Kementerian pertanian harus menjadi SDM yang handal, profesional dan bermoral sebagai penyelenggara pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik (good governance), pasalnya sektor pertanian merupakan sektor utama dalam menopang kehidupan bangsa dan menjadi penopang perekonomian terkuat di Indonesia.

“Performa sektor pertanian nasional terbukti solid dan tahan guncangan. Untuk memajukan pertanian dibutuhkan kemauan yang kuat dengan tidak hanya mengandalkan anggaran”, tegas Mentan SYL.

Dedi Nusyamsi selaku Kepala BPPSDMP turut menuturkan bahwa BPPSDMP selalu berupaya dan mendukung satkernya untuk senantiasa meningkatnya kualitas dan kekompakkan sumberdaya manusia dan kelembagaan pertanian nasional guna mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

“Sebuah organisasi dapat dikatakan berhasil jika adanya kekompakkan dalam satu tarikan nafas. Apapun yang terjadi kekompakkan adalah segala galanya” sambung Dedi.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Polbangtan YOMA, Bambang Sudarmanto, menurutnya pergesaran personil dalam suatau organisasi adalah hal yang lumrah. “Mutasi, rotasi, dan promosi, maupun kaderisasi merupakan hal biasa dan bagian dari dinamisasi institusi serta pengembangan karir pegawai,” ungkap Bambang.

Bambang juga mendorong para pegawai muda atau generasi mielnial untuk tampil mengisi posisi-posisi strategis maupun menunjukkan kinerja terbaiknya. “Beberapa tahun yang akan datang kami-kami yang didepan ini sudah akan turun, maka kaderisasi merupakan hal yang penting. Saya juga berpesan kepada para senior, untuk dapat memberikan kepercayaan dan membimbing para juniornya,” pesan Bambang.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang mengungkapkan bahwa kinerja realisasi anggaran Polbangtan YOMA juga telah mencapai kinerja yang baik. “Kinerja realisasi anggaran Jurusan Peternakan Magelang berhasil mencapai 98,37%, sementara kinerja realisasai anggaran Jurusan Pertanian Yogyakarta berhasil mencapai 98,45%. Selain itu pada tahun 2022 lalu, Polbangtan YOMA juga berhasil meraih beberapa prestasi maupun akreditasi,” jabar Bambang.

Atas capaian tersebut, Bambang mengapresiasi kinerja setiap bagian yang mampu bekerja dan berkolaborasi dengan baik serta tidak mudah berpuas diri dengan prestasi yang sudah dicapai.

“Capaian-capaian tersebut jangan menjadikan kita untuk berpuas diri, melainkan sebagai salah satu tolok ukur untuk capaian tahun selanjutnya,”tandasnya

Pada akhir sambutannya, Ia berpesan agar seluruh pegawai Polbangtan YOMA harus senantiasa menjaga semangat dan kekompakkan yang merupakan ciri khas dari Polbangtan YOMA, “Segera bangun komunikasi dan koordinasi di masing-masing bagian agar tahun 2023 ini kita dapat start dengan lebih baik,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN PESAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda disini