Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Terpadu Karyawan STPP

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi  sudah menjadi kebutuhan yang utama bahkan tulang punggung bagi penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi .  Keterlibatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam dunia pendidikan sudah tidak dianggap sebuah pilihan, tetapi telah menjelma menjadi kebutuhan mutlak yang harus dimiliki dan dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dalam menjalankan tugas pelayanan pendidikan dan  untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya. Oleh karena itu dalam rangka  mendukung proses Pendidikan di STPP Jurluhtan Yogyakarta, Unit Teknologi Informasi  menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan aplikasi sistem informasi akademik terpadu STPP Jurluhtan mulai hari Selasa tanggal 28 Agustus  sd. Kamis tanggal 30 Agustus  2012  bertempat di Laboratorum TI.  Sebagai nara sumber pelatihan adalah pakar Sistem Informasi Akademi Bpk Dadang Tri Wahyudi ST.

Peserta pelatihan adalah karyawan dan karyawati  berasal dari unit kerja terkait antara lain Bagian Administrasi Akademi dan Kemahasiswaan(BAAK), Jurusan, Laboratorium Komputer
Bagi STPP sebenarnya bukan hal baru di dalam menerapkan TIK guna mendukung kegiatan akademik maupun non akademik namun karena di dalam pengelolaannya selama ini belum terintegrasi (masing-masing unit kerja berusaha memenuhi kebutuhan masing-masing secara parsial),STPP masih banyak mengalami kendala di dalam implementasi dan pengembangannya .

Sistem Informasi Akademik Terpadu ini selanjutnya nanti akan dikembangkan menjadi portal akademik, merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi  akademik  yang  ada  di  berbagai  unit  akademik  (program  studi  dan bagian-bagian terkait)  sekaligus sebagai sarana komunikasi antar civitas akademika kampus. Sistem dibangun berangkat dari kondisi  eksistensi  informasi  akademik  di  kampus  yang  sebaran kondisi geografis sangat  beragam  dan  bervariasi di berbagai lokasi, sehingga membutuhkan sebuah “portal” yang akan mengintegrasikan informasi-informasi tsb sehingga mempermudah akses civitas akademika dan publik. Portal Akademik ini nantinya disamping dapat digunakan oleh mahasiswa juga  dosen untuk melihat mata kuliah yang diampu dan melakukan pengelolaan nilai, serta mengakses informasi terkait mahasiswa bimbingan akademiknya. Portal Akademik dapat diakses melalui berbagai teknologi dan layanan (Internet/intranet/SMS Gateway).

(Nuri)

 

Leave a Reply

Skip to content