Mahasiswa Semester I Belajar Membuat Sistem Informasi

Pelatihan TI ini diselenggarakan pada tanggal 29 Nopember, 6 dan 7 Desember 2014, di STPP Jurluhtan Yogyakarta. Berlangsung selama 3 hari dengan total 30 Jam Pelajaran (JP). Materi Utama yaitu Penggunaan Sistem Informasi yang ada di STPP (Siakad dan e-learnng), Pengelolaan data dengan Microsoft Excel dan Pembuatan SIstem Informasi dengan Microsoft Access (Tabel, Query, Table Relation, Form dan Report).
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa penyuluhan pertanian dalam bidang teknologi inforasi (menggunakan sistem informasi, memahami data, melaukan filter atau seleksi data, melaukan operasi terhadap data, membuat tabel data, melakukan query data, menghubungkan tabel agar terjadi efisiensi, membuat form input data, membuat laporan atau report dari data yang ada dan membuat sistem informasi) sehingga lebih profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.
Fasilitator dan Materi Pelatihan Sebagai berikut (1) Rajib Khafif Arruzzi, S.Si (Pengenalan Interface Microsoft Access, Tabel dan Tabel Extended, Query dan Lookup, Form, Report, Pembuatan sistem informasi); (2) Drs. Suharno (Pengenalan Interface Microsoft Excel dan Perhitungan dalam Sel, Fungsi Text, Logical dan Lookup, Filter, Pivot Tabel dan Pivot Grafik, Pembuatan sistem informasi); (3) Pujo Santoso, S.Kom (Pengenalan dan Penggunaan Sistem Informasi Akademik, Pengenalan dan Penggunaan e-learning); dan (4) Dadang Tri Wahyudi M, ST (Pemanfaatan Sistem Informasi dalam Bidang Pertanian).
Pelatihan TI 2014
Output dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola data dan informasi berupa menggunakan sistem informasi, memahami data, melaukan filter atau seleksi data, melaukan operasi terhadap data, membuat tabel data, melakukan query data, menghubungkan tabel agar terjadi efisiensi, membuat form input data, membuat laporan atau report dari data yang ada dan membuat sistem informasi.
Keluaran sistem informasi yang dihasilkan yaitu (1) Sistem Informasi Penghuni Asrama (Mahasiswa, Nama asrama, Nomor kamar, Inventaris, Status tinggal); (2) Sistem Informasi Aktivitas di Luar Kampus (Mahasiswa, Kegiatan, Tempat kegiatan, Waktu masuk, waktu keluar); (3) Sistem Informasi Kehadiran Kuliah (Mahasiswa, Dosen, Assisten Dosen, Mata Kuliah, Tanggal, Waktu Kuliah, Alasan Tidak Hadir); (4) Sistem Informasi Prestasi Non Akademik (Mahasiswa, Dosen Wali, Prestasi, Waktu Penyelesaian, Pamong, Rekomendasi); (5) Sistem Informasi Penugasan Mata Kuliah (Mahasiswa, Mata Kuliah, Dosen, Bentuk Penugasan, Lama Penugasan, Waktu Penyelesaian); (6) Sistem Informasi Praktek Kerja Lapang (Mahasiswa, Nama PKL, Tempat PKL, Dosen Pembimbing, Lama PKL, Kegiatan PKL); (7) Sistem Informasi Ektrakurikuler (Mahasiswa, Nama ektrakurikuler, Pembimbing, Tanggal kegiatan, Mahasiwa Hadir, Alasan tidak hadir, Catatan)
Walaupun masih sederhana dan masih banyak kekurangan tetapi mahasiswa telah cukup memahami proses pembuatan sampai menjadi sistem informasi yang siap digunakan.

Leave a Reply

Skip to content