Paradigma baru kehumasan pada saat ini berkebalikan dengan paradigma lama yang pernah ditetapkan yakni pemberitaan yang bersifat proaktif mempunyai bobot yang lebih besar dibandingkan dengan pemberitaan yang bersifat reaktif.
Informasi positif bagi Kementerian Pertanian dikemas dengan penekanan pada manfaat, sasaran dan program prioritas bukan pada seremonial acara, berikut ditegaskan oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Dr. Agung Hendriadi, M.Eng ketika memberi sambutan dalam kegiatan Kunjungan Pers di STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian, Yogyakarta, Rabu (20/04).
Pesan kunci pemberitaan di Kementerian Pertanian pada saat ini adalah kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, penguasaan isu-isu terkini, adanya kehadiran dari Kementerian Pertanian dalam menderaskan pemberitaan dan pembangunan opini publik berdasarkan fakta dan merespon cepat opini publik dalam hal ini diperlukan penguasaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, akurat dan bertanggung jawab. Selain itu dalam hal penyampaian informasi harus cerdas, kreatif dan inovatif dalam pengelolaan dan penyampaian informasi publik, serta pelayanan yang responsive.