Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dalam berbagai rumpun ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian.

Terletak di Pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kusumanegara No. 2,   atau lebih kurang 1,5 KM dari Keraton Yogyakarta dan Marlioboro.

Sejarah menceritakan Tahun 1942 – 1946 lembaga ini adalah SPMT, kemudian menjadi SPMA sampai Tahun 1978, Tahun 1978 – 1984 berubah menjadi SPP/SPMA, kemudian berubah menjadi Diklat Ahli Penyuluhan Pertanian sampai Tahun 1992, selanjutnya menjadi Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) sampai Tahun 2002, kemudian menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP), hingga akhirnya pada tahun 2018 menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Mencetak ahli madya tidak kurang dari 1050 orang (15 angkatan) dan sarjana sain terapan sebanyak 210 orang (3 angkatan).  Meningkatkan profesionalisme penyuluh pertanian dan tenaga teknis popt melaui diklat dasar umum, dasar khusus dan alih jenjang lebih dari 398 orang (12 angkatan).